Ayam Goreng Kentucky Sederhana

Sapa yang ga suka ayam goreeeeeng???? aku suka, semua anak2 suka.  Sekarang ini ayam goreng sudah macem2 jenisnya, Ada ayam goreng amerika, ayam goreng bacem, ayam goreng ungkep, ayam goreng kremes, ayam goreng kalasan, ayam goreng bumbu sunda ( ehm… ini sih maksain. hehe) daaaaan lain2. masih banyak lagi lah namanya ayam goreng.

Ayam goreng Amerika alias ayam goreng tepung yg crispy itu sekarang ini bukan hanya milik brand – brand terkenal saja. Dari yg menengah macam Olive, golden, atau Jogja ( itu di daerah jogja dan sekitarnya), sampe Estiga yang jualan di gerobak depan toko Hans2 di Kasongan, hehe. Kalo yang brand terkenal pasti udah pada tau lah ya, ga usah gw sebutin atu2, hehe.

Daaaaaan… yang namanya ayam goreng tepung ini hampir semua anak suka, termasuk anakku dua2nya. Azzamku klo makan pasti mintanya ayam goyeng, dan ayam goreng yang dia maksud adalah ayam tepung ini.

Kalo ngandelin beli, heuuuu keburu kelaparan dan juga mahal kalo belinya di yg bermerk itu. Kalo mo beli pinggir jalan, asal tau aja kebersihan dan kesehatannya gada jaminan. Mereka jarang banget ganti minyak goreng meskipun udah menghitam. Dari pengakuan salah 1 penjual ayam goreng tepung pinggir jalan mereka katanya ga pernah ganti minyak, sistemnya ditambah terus gitu, hmmm syerem kan. Untuk itu mari kita bikin sendiri aja, memanfaatkan yang ada di dapur kita.

BAHAN :
Ayam 1/2 kg ( aku lebih suka yang tanpa tulang, tiap beli ayam selalu minta mba ayam buat filletin, hehe )
Tepung terigu 500 gram
Kanji / tapioka 4 sendok
Baking powder 1/2 sdm ( ga pake juga ga apa2 kok, sante ajah, hehe)
LAda bubuk kemasan kecil 3 bungkus
kaldu bubuk 2 bungkus, mau masako atau royko atau merk apapun suka2 ya, sesuai yg ada di dapur
garam 1/2 sdm
air 1 mangkok
bawang putih 5 siung
Minyak goreng

CARA MEMBUAT:
Pertama kita urusin ayamnya dulu, setelah ayam dicuci bersih taro di wadah, bawang putih dihaluskan, campur garam dan lada. Setelah halus balurkan ke ayam dan simpan dalam kulkas selama 1 jam biar meresap. Sekarang ini emang banyak bumbu perendam instant tapi saya kan bilang ini ayam goreng yang sederhana, memanfaatkan bumbu yang gampang didapetnya ya. Klo nanti anda mau berkreasi sendiri ya silahkan, disesuaikan dengan selera dan persediaan bahan2 di dapur anda.

Campur tepung terigu, kanji, lada,  baking powder, garam dan kaldu bubuk. Taro diwadah yang agak besar. KArena nanti buat ngaduk ayamnya biar leluasa.
Setelah 1 jam ambil ayam dari kulkas dan masukkan ke tepung. Aduk dan remas2 sampe semuanya tertutupi tepung. Tebaskan dan celupkan ke air lalu masukkan lagi ke tepung. Aduk2 dan remas2 lagi sampe si ayam terlihat keriting ditutupin tepung. Tebaskan dan masukkan ke minyak panas. Goreng dengan api sedang sampe berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan, taraaaaaa jadi deh ayam goreng kentuckynya. dijamin keritiiiiiiing. Sangat sederhana dan ga ribet kan? tapi dijamin anak2 suka….:D

Selamat Mencoba….

ayam goreng kentucky

loading...

Incoming search terms:

  • cara membuat kentucky sederhana
  • cara membuat kentaki sederhana
  • resep kentucky sederhana
  • resep kentaki sederhana
  • cara membuat kentaki
  • resep kentucky pinggir jalan
  • resep ayam kentucky sederhana
  • cara membuat ayam kentucky sederhana
  • resep membuat kentucky sederhana
  • cara membuat ayam kentaki sederhana

8 thoughts on “Ayam Goreng Kentucky Sederhana

    1. Nggak diungkep mba Nopi. Mateng ampe dalem mba. Goreng dengan api kecil ya. Dan klo gorengan ke 2, minyak disaring dl agar tepung2 yg diminyak ga bikin gorengan gosong

      Reply

Post Comment