Jimjilbang ( Tempat Sauna di Korea)

Korea. Siapa yang sekarang ini tidak pernah denger yang namanya Korea, Negeri Ginseng itu. Sejak drama korea mulai menjamur dan boyband juga girlbandnya menyebarkan demam hallyu, Korea menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang diidam2kan  banyak orang. Selain drama korea yang begitu mengharu biru dan juga semaraknya muka unyu2 bin cute para member girlband maupun boyband masih ada banyak yang menarik lagi di Korea itu tentunya. Salah satunya adalah Jimjilbang yang lebih kita kenal sebagai tempat sauna itu.

Bagi penggemar drama Korea tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya tempat sauna di Korea yang biasa disebut Jimjilbang tersebut. Dimana tiap mereka ada masalah, males pulang ke rumah atau untuk menghindari seseorang yang mencarinya mereka pun tidur di Jimjilbang. Pake baju seragam, makan telur, minum milkshake atau apapunlah itu sering kita liat kan di drakor?

Sampe situ gw sempet berfikir kenapa di Indonesia ga ada jimjilbang  kayak di Korea? kan seru tuh buat rekreasi. Kita ngumpul bareng temen ama sodara, makan telur ( kebetulan kita sekeluarga fans beratnya telur, xixixixi) ama aneka cemilan, pake seragam yang unyu2 gitu dan tentunya sauna kan???Sangat menyenangkan…..

Tapi apa yang kita liat di drama Korea dimana orang2 nampak asyik tiduran, nonton TV atau baca2 di tempat sauna itu adalah aktivitas yang dilakukan setelah melakukan mandi yang sangat tidak mungkin gw lakukan, coz mandi disana itu macem pemandian umum saja. Meskipun laki2 dan perempuan ruangannya di pisah. Tetep aja yang namanya mandi bareng apalagi dalam keadaan (Maaf) telanjang dengan orang yg lain itu aib dan tak ada dalam kamus hidup gw! Waktu kecil gw sering mandi di pancuran deket sawah di rumah nenek rasanya itu suatu hal yang sangat memalukan.

Di tempat sauna itu sendiri emang ada kantinnya / kafe gitu seperti yang kita liat mereka suka makan telur rebus dan aneka cemilan itu ya dibelinya di kafe/ kantin itu. Sementara untuk air putih mereka kasi free di dispenser2.  Jimjilbang itu sendiri ada macem2 ruangan saunanya mulai dari yang bersuhu rendah (sauna es) sampe yang paling panas (sauna uap dari batu panas yang disiram air) juga sauna tradisional Korea (dari batu-batu mineral yang dipanaskan atau lantai yang panas).

Kita bisa berpindah2 dari satu ruangan ke ruangan lainnya sesuai yang kita mau. Karena hanya mandinya saja yang terpisah antara laki2 dan perempuan itu. Sementara setelah mereka mandi, seperti tiduran, makan, dan nonton TV, laki2 dan perempuan ada dalam 1 ruangan. Disana kita juga dikasi loker untuk menyimpan barang2 berharga kita. Karena yang dibawa ke ruangan  biasanya seragam dan handuk aja yang mereka kasih itu.

BTW, meskipun ada yang berkata belom ke Korea kalo belom ngerasain Jimjilbang. Tetep gw ga bakalan masuk sana kalo pas ke Korea nanti. Dan tidak berharap Jimjilbang ada di Indonesia juga. Akan bagaimana jadinya manusia yang untuk antri aja tidak becus, kemudian ada suatu fasilitas pemandian umum gitu. Ga kebayang deh !

ini nih sebagian penampakan di jimjilbang

jimjilbang 2

 

JImjilbang

 

 

Incoming search terms:

  • telur rebus korea berwarna coklat
  • cara membuat telur rebus korea berwarna coklat
  • telur rebus cokelat korea

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak – Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *