Karakteristik Kain Jacquard

Hai…. ketemu lagi. Apa kabar semuanya? semoga yang baca ini siapapun dan dimanapun dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sudah lama rasanya tidak ngisi blogQ tercinta ini. Sibuk dengan Olshopku membuat hiburanQ yang satu ini jadi terbengkalai. Kali ini ketika punya kesempatan nongkrong di blog, yang akan kita rumpiin ga jauh2 dengan dunia pekerjaanQ juga, masalah kain. Seneng rasanya liat perkembangan fashion sekarang ini, meskipun cuman penjual baju online dan bukan pengamat mode dunia, tetep aja dari hari ke hari aq bisa melihat betapa makin semaraknya dunia fashion kita.

Kebanyakan omong ah, yuk sekarang kita kenalan ama nama kain yang aq sendiri bingung mengucapkannya gimana, JACQUARD. Diambil dari nama penemu alat tenun kain jenis ini yaitu Joseph Marie Jacquard. Akhirnya kain ini pun bernama Jacquard, mengabadikan nama penemunya. Kain ini banyak disukai orang karena berkilau  dan ringan. Ciri khas dari kain jacquard ini emang mengkilap dan licin karena didominasi polyester. Selain itu kain ini terbuat dari sutera, katun, wol dan linen. Kain jacquard sendiri adalah kain yang memiliki pola yang ditenun di atas kain, jd bukan dicetak di atasnya. alat tenunnya sendiri menggunakan metode khusus untuk menenun kain berpola. Contoh kain jacquard

IMG_20150222_214006

 

Contoh rok yang menggunakan bahan jacquard

IMG_20150222_214015

 

Kain jacquard sendiri ada beberapa macam. Sekarang ada mesin tenun jacquard teknologi timbul. Yang membuat kain ini semakin cantik dan mewah. Yaitu dengan teknik finishing kerut atau timbul.  Kain jacquard jenis ini dinamakn Jacquard Wrinkle Embossed. Karena mewah dan fleksible, kain jenis ini biasanya dijadikan busana pengantin, baju muslimah, gaun malam, maupun dress.

Selain itu ada juga jenis Jacquard quilting. Dimana memiliki serat yang lebih tebal dan lebih padat juga kliatan glossy. Ditambah dengan motif emboss (timbul) menjadikannya kelihatan sangat mewah. Biasaanya digunakan sebagai bahan springbed. Terbuat dari 100% cotton. Dingin, lembut, tidak berbulu tapi kelihatan mewahnya. Bukan cuma untuk springbed saja, bahan ini juga tetap bisa digunakan sebagai bahan pakaian seperti ini

IMG_20150222_214011

 

 

Untuk Perawatan kain  jacquard sendiri, biar lebih awet dan terjaga kemewahannya, gunakanlah strika uap ya. Jangan gunakan strika besi. Apalagi strika arang kayak jaman dahulu kala. hehe.  semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan mantemans semuanya yah…..

 

loading...

Incoming search terms:

  • bahan jaguar
  • kain jaguar
  • kain jacquard
  • bahan jacquard
  • bahan jaguard
  • bahan jaguar seperti apa
  • kain jaguard
  • bahan jacguard
  • bahan jaquard emboss
  • bahan kain jaguar

Post Comment