Resep Ayam Kodok

Kalo di dunia perikanan, ayam kodok itu seperti Otak2 bandeng. Dimana dagingnya dikeluarin dan disisain kulit nya doang, lalu daging yg sudah dibersihkan durinya dan dikasih bumbu2 itu dimasukin lg ke ikannya. Nah di dunia per-ayaman, ada ayam kodok. Entahlah kenapa masakan yang satu ini dinamai ayam kodok. Tapi yang jelas, harganya sangat fantastic cuy! yang aku tau dari hasil calling2 tukang ayam kodok, harga termurahnya itu sekitar 250,000-400,000 / ekor ayam kodok. Mehong kan cyiiiiin?

Berawal dari mau memberikan surprise buat ultah suami, aku hunting pembuat ayam kodok ini. Ternyata pada full pesanan. coz aku menghubungi mereka sehari sebelum hari H. Akhirnya gatotlah surprisenya dan diganti dengan ayam panggang Klaten. Tapi hatiku masih ga rela dan dilanda penasaran dengan harga ayam kodok yg mahal itu. Akupun cari2 resepnya. Ternyata emang harga mahal itu sebanding dengan proses pembuatannya yang cukup rumit. Tapiiiiiii ga ada yang rumit ketika kita mau berusaha melakukannya. Toh ketika ada manusia yang bisa melakukannya berarti kita juga sebenarnya bisa bikinnya lho….

Berhubung di bulan April ini ada 2 moment penting, ultah papa dan ultah Azzam. Maka aku tekadkan dengan sepenuh hati dan semangat menggebu2 untuk mencoba bikin ayam kodok sendiri buat acara ultahnya Azzam.

Yang paling sulit dari proses pembuatan ayam kodok ini adalah mengeluarkan dagingnya tanpa merusak kulitnya terlalu banyak. Dan yang disisakan cuman bagian sayap ama pahanya. Daging dan tulang ayam itu dikeluarkan dari bagian bawah. untuk sobekannya bagian bawah itu nanti bakalan kita jahit. kayak jahit baju gitu deh. Saat itu aku tidak menguliti sendiri ayamnya, Tapi aku menggunakan cara yang praktis, minta tolong mba ayam supaya nguliti dan cincang daging ayamnya, hehehe…

IMG-20130420-00495

Inilah resep ayam kodok pertamaku, Memang sih belum seyahut tukang ayam kodok profesional, tp untuk rasa ga kalah cuuuuyyy, maknyuuussss dah !

Bahan isi

  1. daging ayam cincang
  2. 250 gr daging sapi cincang
  3. 4 lembar roti tawar
  4. air untuk merendam roti tawar
  5. 4 telur rebus
  6. lada
  7. kaldu bubuk
  8. garam
  9. biji pala
  10. saos tiram
  11. kecap asin
  12. kecap manis
  13. 2 butir telur

Cara Membuat

roti tawar rendam dalam air lalu peras dan sisihkan di mangkok. Lalu campurkan semua bahan isian itu, kecuali 4 butir telur rebusnya yah. untuk meyakinkan rasanya biar pas, icip2 ajah adonan isinya itu. Jangan lupa si roti tawarnya dimasukin juga.

Lalu isikan semua adonan ke dalam kulit ayam tadi, untuk telur rebusnya aku letakkan 2 butir masing2 di dekat sayap dan 2 butir lagi di dekat paha. setelah adonan 2/3 masuk jahitlah bagian bawah ayam sebagian agar adonan tidak keluar lagi. Sisakan sedikit lubang untuk memasukan sisa adonan, setelah adonan masuk semua, jahitlah lubangnyanya sampai tertutup rapat.  tusuk2 beberapa bagian tubuh ayam dengan garpu agar selama dikukus air di dalam ayam bisa keluar.  Dan jangan buang nanti air kukusan ayam yang netes ke loyang selama dikukus itu ya. Akan kita gunakan untuk membuat saus coklat ( semacam saus steak)

Setelah itu kukuslah ayam selama kurang lebih 40 menitan, pokoke sampai mateng deh, lalu kita siapkan bumbu buat olesan ayamnya nanti selama proses pemanggangan.

Bahan bumbu oles:

  1. 4 siung bawang putih dihaluskan
  2. saos tiram
  3. garam
  4. kecap asin
  5. kecap manis
  6. mentega

Aduk semua bahan olesan dan taro dimangkuk. Setelah ayam matang dari kukusan, lalu pindahkan ke loyang untuk dipanggang. Dan air yg di loyang kukusan itu ingat jangan dibuang ya.

Lalu masukkan ayam ke dalam oven, setelah 15 menit keluarkan dan olesi semua bagian ayam dengan bumbu oles, jangan habiskan dulu ya bumbu olesnya soale proses pengolesan ini akan 2x.

Selama proses pemanggangan kita siapkan garnishnya, setup wortel, setup buncis, selada, dan kentang goreng. Waktu kmrn aku buat, aku ga pake selada, soalnya di tukang sayur keburu abis, hehehe.

5 menit sebelum diangkat keluarkan lagi ayam dari oven dan olesi lagi dengan bumbu olesnya sampe habis, lalu panggang lagi.

Sekarang kita bikin saus coklatnya ya

Bahan Saus:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 1 bawang bombay
  3. separo biji pala
  4. kecap asin
  5. kecap manis
  6. air kaldu dari kukusan ayam tadi
  7. lada hitam ( kalo ga ada bisa pake lada putih juga)
  8. 1 sendok tepung maizena
  9. kaldu bubuk

Cara Bikin Saus

bawang putih dan bawang bombay dicacah, kemudian tumis. Masukan air kaldu dan semua bumbu2. Jangan lupa icip2 sampe rasanya pas. Untuk mengentalkan masukkan tepung maizena yg sudah dicampur air. Jadi deh sausnya,,,,,

 

IMG-20130420-00505

Ini penampakan ayam kodok dan yang dihadiahi ayam kodok pada tdl 20 April 2013 kemaren. Alhamdulillaah Azzam suka banget dan makannya banyak. Karena kebanyakan ayam kodoknya dibagi2 ke tetangga sekalian icip2, sapa tau ada yang mau order. kan lumayan buat tambahan bisnis lagi, wkwkwkwkwk,,,,,

IMG-20130420-00502

IMG-20130420-00493

SELAMAT MENCOBA…… 🙂

 

 

 

Incoming search terms:

  • penjelasan bahan pakaian bebytery
  • pesan ayam kodok

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak - Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *