Resep Gulab Jamun

image

Ahhhaaa…akhirnya lahir juga postingan setelah sekian lama bertapa. Hihihi…
Kali ini kita jalan2 ke negara mantan cowok aq, Shaheer Sheikh ( sssttt…. Pura2 ga tau ya 😍😍😍😍)

Gulab Jamun ini makanan penutup yg terkenal di India dan Pakistan. Terbuat dari susu yg goreng. Beneran…ini susu yg digoreng lho.

Ada yg mengatakan kalau Gulab Jamun ini berasal dari Persia. Karena asal mula bahasanya Gol (bunga ) + ab (air). Mengacu pada air bunga mawar yg dijadikan sirup di kudapan ini. Namun ada sebagian cerita juga yg mengatakan kalo ini menu yg sengaja disiapkan koki pribadi Raja Mughal, Shah Jahan ( Siapanya Jodha ya? Ada yg tau? Anaknya kah? Cucu nya kah? Atau cicitnya kah? ) cari sendiri saja ya. Soalnya aku bukan penggemar Jodha Akbar. Hihi

Sekitar setahun lalu, aku sempet nyicipi menu ini di Sharmila Resto ( resto masakan India ) di daerah Jl. Tentara Pelajar ( sekarang restonya dah tutup). 1 porsi Gulab Jamun harganya 15 rb kalau ga salah. Isinya 1 biji doang. Hihi

Ahhmm jd kebanyakan cerita ah. Mending kita bikin sendiri yuks. Sebelumnya untuk yg merasa kesulitan dapet bahan, tolong jangan patah semangat buat memasak ya. Nanti aku kasi alternatif bahannya

Bahan :
1. Susu bubuk ( aku pakai dancow bubuk 4 bungkus kecil)
2. 2 sdm tepung terigu
3. 1/4 sdm baking soda
4. 1,5 sdm mentega tawar (kalau ga ada pakai mentega apa saja )
5. Susu cair secukupnya, sampai adonan bisa dibentuk. Berhubung tadi ga ada stok susu cair. Aku pakai air biasa saja.
6. Minyak untuk menggoreng

Bahan Sirup :
1. 10 sdm gula pasir ( disesuaikan dg selera)
2. 1 gelas air
3. 1 sendok esen mawar ( skip klo ga ada)
3. 5 butir kapulaga ( skip klo ga ada )

Cara membuat :
Aduk semua bahan sampai bisa dibulat2. Setelah tercampur semua, bulat2 adonan. Tadi aku jadi 9 bulatan. Diamkan 10 menit lalu goreng. Dengan api yg paliiiiiiing kecil. Jangan lupa di tungguin bener2 ya. Soalnya cepet jd gosong. Klo udah kecoklatan angkat.

Sambil nunggu mateng atau pas td nunggu 10 menit itu kita siapkan sirupnya. Rebus semua bahan sirup sampai sedikit lengket ( tp masih lbh ke cair ya. Jngn terlalu karamel ). Matikan api dan masukan gulab jamun yg sudah digoreng tadi. Rendam dalam sirup selama 20 menit. Lalu bs diicip2. Aq sih taro di kulkas. Biar rada nyes2 manis gt.

Gampang kan? Yuks dicoba aja. Sambil nyicipi gulab jamun bisa juga tengok2  lapak baju muslimQ, sapa tau minat jd reseller atau dropshipper. Ada diskon khusus lho buat yg praktekin resep gulab jamun ini. Tinggal poto hasil recook nya, kirim ke wa 083877766666. Aq tunggu ya say….😍😍😍

loading...

Incoming search terms:

  • bahan kain korea
  • apa arti kombi tile
  • kain spandek korea
  • gaun bhan kain horden kaos
  • gamis maxi jersey spandek korea
  • foto2 arijit levina
  • dress kain ti
  • contoh gambar kain spandek Korea
  • cara bikin gulab jamun
  • bahan spandex ko

Post Comment