Resep Gyoza ( jepang ) / Jiaozi (China)

image

Gyoza adalah makanan jepang yang dibuat dari kulit pangsit yg berisi sayuran dicampur ayam, daging atau ikan. Mirip2 siomay tp dengan cara masak yang berbeda.

Nilik dari sejarahnya. Gyoza ini berasal dari China. Tepatnya di daerah China bagian utara. Karena hanya orang china Utara yang saat itu makan makanan dari tepung. Sementara orang2 di china selatan masih makan nasi.
Di Jepang sendiri budaya makan gyoza sudah ada sejak abad 17. Dan hanya orang2 tertentu yang memakannya. Orang yg kelasnya lebih tinggi dari samurai jaman edo. Saat itu gyoza belum populer. Baru pada tahun 1945 banyak orang2 yang pulang dari perang di manchuria ( wilayah china yg di bawah kepemerintahan Jepang sebelum akhir perang dunia ke 2) mereka mendirikan restoran yang menyajikan menu gyoza. Pertamanya sepasang suami istri di Shibuya yang menjual menu gyoza ini.

Sekian dl sejarahnya gyoza. Sekarang kita mulai membuat makanan ini yuks. Siapkan alat perangnya ya

Bahan2 :
Kulit pangsit yg sudah jadi ( sesuai gyoza yang mau dibikin)
Kalo ga ada, bikin sendiri kulit pangsitnya.
Bahan kulit pangsit :
500 gram tepung protein tinggi
2 sendok tapioka
2 sendok minyak goreng
1 gelas besar air panas.

Uleni semua bahan. Karena aku ga punya gilingan pangsit. Aku uleni cukup lama sampe bener2 kalis. Taburkan tapioka di meja yg sudah dialasi plastik. Buat pangsit 1 per 1 dengan digilas pake gilasan roti. Aku bikin yg bentuk bulat. Tumpuk kulit pangsit yg kita bikin dengan dilapisi tapioka tiap lapisnya agar tidak saling nempel.

Sekarang kita bikin isian gyoza nya.
* 500 gram ayam cincang
* kucai 1 ikat . Aku sendiri bikin gyoza ini karena punya kucai. Bingung mau dimasak apa, jadilah kepikiran bikin gyoza. Kalo buibu ga ada kucai, ga pake juga lanjut aja ya. Jngn mundur karena ga ada kucai.
* 5 siung bawang putih cincang halus
* 1 ruas jahe cincang halus
* 2 sendok saos tiram ( aq pake saori)
* 2 sendok kecap asin
* 1/2 sendok gula pasir
* 1 sendok cuka apel. Klo ga ada pake 1/2 sendok cuka biasa
* 1 sendok minyak wijen. Boleh skip klo ga ada
* 1/2 sndk garam
* kol iris halus
* daun bawang iris halus
* 4 sendok tapioka

Campur semua bahan isi. Lalu mulai bungkus dengan kulit pangsit berbentuk kayak pastel sampe habis.

Panaskan wajan anti lengket. Kasi 2 sendok minyak wijen. Kalo ga ada minyak goreng biasa aja. Tata gyoza lalu tambahkan air sampe semua permukaan gyoza tertutupi. Tutup wajan dan masak dengan api kecil. Setelah air mulai mengering, cipratkan minyak wijen / minyak goreng sekeliling wajan dengan tujuan agar gyoza tergoreng kering bagian bawahnya. Minyak jangan banyak2. Sekitar 2 sendok aja. Setelah bagian bawah gyoza mengering. Angkat dan sajikan dengan kecap asin +irisan rawit.

Incoming search terms:

  • arti kata gyoza

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak – Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *