Resep Kimchi

Hulaaaaa…..

Apa kabar semuanya???

Akhirnya bisa juga nengokin Blogkuh tercintah, setelah beberapa hari kemaren cuma hasrat aja yang menggebu untuk mampir sini tapi kesehatan kurang mendukung.

Topik kita kali ini masih tentang yang berbau Korea, Kimchi. Sapa sih penggemar drakor ato K-pop yang tidak pernah mendengar kata kimchi? Pasti tau kan, asinan sayur Korea yang difermentasikan dengan beraneka ragam bumbu itu. DAn tahu kah teman, Kimchi masuk dalam 5 besar makanan tersehat di dunia versi majalah Health lho. Itu dikarenakan kimchi terbuat dari sayuran yang kaya akan serat dan juga rendah kalori. Selain itu kimchi juga kan mengandung bawang putih, bawang bombay, dan cabe bubuk yang baik untuk kesehatan. Kimchi juga baik untuk anda yang sedang melakukan program diet. Namun konsumsilah kimchi dengan sewajarnya, karena kimchi juga bisa memicu sakit lambung. Apalagi bagi kita yang emang bukan warga korea dan tidak terbiasa dengan makanan ini.

Kimchi bisa terbuat dari berbagai macam sayuran. Sawi putih, lobak, kubis, timun, sawi hijau semuanya bisa dibikin kimchi, dan namanya juga berbeda2. Kimchi sawi ( Baechu – Kimchi ), kimchi lobak (kkakdugi), kimchi timun (oi-sobagi), dan juga kimchi yg terbuat dari lobak yang masih ada daunnya ( Chonggakmu-kimchi ). Dan masih banyak lagi jenis2 kimchi disana.

mix kimchi

Kali ini aku akan share resep Kimchi sawi putih dengan bahan2 yang ada di kita alias bahan yang biasanya ada di dapur. Kan cakepnya bikin kimchi thu pake cabe Korea yang warnanya sexy merah menyala, kali ini berhubung aku susah dapet cabe koreanya jadi pake cabe bubuk lokal ditambah gerusan cabe merah segar.

BAHAN :

1 buah sawi putih ukuran besar

1 buah wortel (iris korek api )

1 buah lobak

3 batang daun bawang (iris memanjang )

Garam ( Ukurannya banyak ya, aku pake yg garam bubuk ukuran bungkus sedang )

 

BAHAN DAN BUMBU PASTA

3 sdm tepung beras
250 ml air
1 ons cabe bubuk
8 cabe merah segar ( dihaluskan )
100 ml kecap ikan
1 bawang bombay ukuran sedang
10 siung bawang putih dihaluskan
1/2 jahe yang dicincang
4 sdm gula pasir

CARA MEMBUAT

bahan kimchi1. Pertama kita potong sawi jadi 4 bagian. Setelah itu kita garami semua lembaran2nya. Kasi garam sampe ke sela2nya dengan merata ya. Setelah itu kita simpan di wadah atau baskom selama 4 jam. Setelah didiamkan 2 jam balik posisi sawi yang sudah mulai digenangi air itu supaya semuanya terendam air garam. Dan diamkan lagi selama 2 jam, jadi total proses penggaraman ini selama 4 jam ya.

 

 

 

 

lobak garam 2. Iris2 lobak dengan memanjang. Lalu garami juga dan diamkan selama 4 jam, sama seperti penggaraman si sawi.

 

 

 

 

 

 

Sambil nunggu 4 jam kita bisa mulai bikin bumbu pasta kimchinya :

MEMBUAT PASTA KIMCHI

pasta kimchiMasukkan air dan tepung ke dalam panci, aduk hingga tepung larut, lalu masak dengan api sedang sambil diaduk2. begitu muncul letupan pertama matikan api dan masukkan gula pasir sampai larut.

Biarkan pasta tepung itu sampe dingin.

 

 

 

 

Setelah tepung dingin saatnya kita membumbui pasta kimchi. Masukkan semua bubuk cabe, cabe yang dihaluskan, minyak ikan, wortel, bawang daun, bawang bombay dan bawang putih tadi ke dalam pasta tepung yang udah dingin itu. Aduk menggunakan spatula. Lalu cuci lobak yang sudah digarami tadi itu, cuci dengan air mengalir agar lobak tidak terlalu asin. Sebenernya bisa juga kalau ga pake lobak, cuman aku lebih suka pake lobak karena lebih bervariasi sayurannya. Setelah lobak dicuci lalu tiriskan dan masukkan ke pasta kimchi tadi .

pasta

Sekarang saatnya kita jumpai si sawi yang sudah digarami selama 4 jam itu. Cuci sawi berulang kali di air yang mengalir. karena kalau ga dicuci berulang2, kimchinya akan terasa asin sekali. setelah dicuci tiriskan sawi diwadah yang berlubang agar airnya turun. Kalau sampe nanti menghasilkan kimchi yang asin, masukkan potongan lobak aja ya, karena lobak akan menyerap garamnya.

Siapkan sarung tangan plastik, gunanya agar saat anda membumbui sawi dengan pasta tangan anda tidak sampe kepanasan. Karena membumbui kimchi ini harus ke sela2nya jadi harus menggunakan tangan. kalo pake sendok nanti ga merata. Mulailah membumbui sawi dengan bumbu pasta tadi, harus merata ya dan semua bagian dapet porsi bumbu yang sama. setelah itu taro sawi yang sudah dibumbui pasta tadi kedalam toples. Lakukan sampe semua sawi selesai dibumbui. karena kemaren aku pake toples kecil, kimchiku jadi 2 wadah hasilnya. Dan ada untungnya, tetanggaku doyan juga dengan kimchi jadi satu toples aku kasi ke dia, hehe.

Tutup toples dengan rapat dan simpan di suhu ruang selama 2 hari. Menunggu proses fermentasinya berhasil. Setelah 2 hari akan muncul gelembung2 udara dalam toplesnya. Naaahhhh klo udah gitu kimchipun siap dinikmati ataupun dimasukkan ke kulkas untuk stok dalam jangka waktu lama sekalipun.

kimchi lina

kimchiku

ready kimchi

Selamat mencobaaaa……….

Incoming search terms:

  • resep kimchi

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak – Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *