Resep Pangsit Kuah

Kali ini kita akan membuat salah 1 jenis dim sum. Pangsit ! Umumnya kita menemukan pangsit pas makan mie ayam, yamin, atau bakso. Hanya sebagai pelengkap saja. Ada pangsit goreng dan juga pangsit kuah.

Pangsit di Xiamen (Fujian) dan juga di  Taiwan, disebut 扁食 (biǎn shí) atau pian sit dalam bahasa Hokkien. Di Fujian, makanan yang serupa dengan pangsit namun lebih kecil ukurannya disebut  扁肉燕 (pinyin: biǎn ròu yàn). Isinya campuran daging babi dan ubi jalar.

Pangsit terkenal juga dengan nama wonton. Kata wonton (雲呑) asalnya dari bahasa Kanton. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini ditulis sebagai 餛飩 (pinyin: húntun). Di Sichuan dan Chongqing, pangsit disebut 抄手 (chāo shǒu), dan dihidangkan di dalam sup pedas yang dikasi bumbu la you dan andaliman.

Saya disini akan share resep isi dan kuah pangsitnya saja. Karena kulit pangsitnya saya beli yang sudah jadi. Ga sempet bo’ kalo harus nguleni ama giling2 bikin adonan kulit pangsit.

BAHAN :Kulit pangsit 50 lembar ( seadanya aja )

BAHAN ISI:
Daging ayam cincang 500 gram ( bisa juga daging sapi ya, kemaren aku bikin 2 macem. Isi ikan tenggiri ama isi ayam) Terigu 200 gram
Kanji 3 sdm
4 wortel diserut
Bawang merah 6 siung
bawang putih 4 siung
lada bubuk 2 bungkus ( aku pake ladaku ukuran kecil)
Telur 2 butir
air dingin secukupnya
Gula pasir 1/2 sdm
Kaldu bubuk 1 bungkus
Garam 1 sdm

CARA MEMBUAT
Campur semua bahan sampe dipastikan semuanya rata. Lalu bungkus dengan kulit pangsit. Biasanya orang2 langsung merebusnya bersama dengan kuah, namun aku lebih suka pangsitnya dikukus dulu, dan kuahnya terpisah. Soalnya anakku sukanya cuman dicocol sambel botolan aja, ga suka pake kuahnya. LAgipula, kalo dikukus kan bisa ditaro di freezer buat kapan2 pas mau lagi, jadi tinggal kukus lagi buat angetinnya.

BAHAN KUAH
Air 2 liter
BAwang putih 6 siung
Daun bawang 3 batang
Jahe 2 ruang jari, digeprek.
Sawi ijo untuk pelengkap
Lada bubuk
Garam
Kaldu bubuk

CARA MEMBUAT:
Blander bawang putih dan bawang daun, lalu tumis sampai harum. masukkan air dan jahe. Setelah itu masukkan garam, lada dan kaldu bubuk. Setelah mendidih masukan sawi dan juga pangsitnya yang sudah direbus tadi. Hidangkan dan siap disantap hangat2 dengan ditaburi bawang goreng dan irisan daun bawang. Bisa juga ditambahkan sambel botolan atau irisan cabe rawit bagi anda yang mau menikmatinya dengan selera pedas.

pangsit kuah

Incoming search terms:

  • cara buat kuah pansit b
  • Resep pangsit basah buat jualan
  • resep pangsit kuah

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak – Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *