Resep Seblak Basah

Seblak. Kini nama itu sudah sangat populer. Bukan hanya warga jawa barat yang notabene daerah asalnya yang kini mengetahui seblak, Tapi cemilan pedas ini kini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Apalagi sejak sebuah Brand cemilan makanan pedas mempopulerkan nama makanan ringan yang terbuat dari kerupuk ini.

Yang biasa dijual dalam kemasan itu seblak kering, penampakannya ya kerupuk yang dikasih  bumbu pedas saja sebenarnya. Selain seblak kering ada juga yang namanya seblak basah, yang kali ini mau saya share resepnya.

Berawal dari temenku, Bunda Awa n Uthan Aka Bu Tini Sunarti yang upload foto seblak baso telur di wall FB nya. Aku yang emang penggila makanan pedas langsung tergoda. Tanya2 resepnya lalu besoknya subuh2 aku sudah nelp Mba Susi sayur minta dikirim baso ama kerupuk, hahaha. Tanpa basa basi aku pun cuss ke dapur begitu semua bahan dan ready.

BAHAN – BAHAN :
Kerupuk 1 bungkus, bisa kerupuk apa aja. aku 2 kali bikin pake kerupuk kuning sekali ( yang biasa dipake bubur), sekali lagi aku pake kerupuk bawang.
Bawang merah 5 siung
bawang putih 3 siung
cabe rawit sekuatnya, Alias sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan
Telur 1 butir kocok lepas
Bakso 7 butir
Kencur 2 ruas jari, Nah selain seblak itu terkenal akan kepedasannya, seblak akan terasa ga afdol kalo ga pake kencur.
Kaldu bubuk, mau masako atau royko atau merk apapun sesuai stok di dapur anda
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

bahan seblak

 

CARA MEMBUATNYA
Rendam kerupuk dalam air panas sampe kelihatan sudah mulai empuk. bisa sejam sampe 2 jam, intinya suka2 aja. Yang penting kerupuk udah keliatan dan keraba ga keras.

Haluskan semua bumbu, Lalu tumis sampe wanginya harum. Masukkan bakso yang udah diiris2 dan juga kerupuk yang sudah direndam. Tambahkan kaldu bubuk dan air agar semua bumbu meresap dan tekstur kerupuk semakin empuk. Masukkan kocokan telur sambil terus diaduk.

Setelah air menyusut, icip2 aja sapa tau kurang asin ya. Selese deh seblaknya. Hidangkan dan siap disantap, selamat mencoba….

seblak basah

Incoming search terms:

  • bahan seblak
  • kerupuk untuk seblak basah
  • resep seblak kue beras
  • soal uts semester 1 kelas 1 sd ipa

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak – Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *