Resep Cane / Roti Maryam / Prata

cane10

Sebelum kita bikin cane yang menggiurkan itu, yuk mari kita bincang2 mengenai asal muasal si flatbread ini. Roti ini memiliki nama beraneka ragam seiring dengan penyebarannya ke berbagai negara. Di Malaysia, roti ini terkenal dengan nama Canai yang berarti adonan yang digulung ( Bahasa Melayu ), sementara di Singapura, roti jenis ini terkenal dengan nama Prata. Di Cina roti ini disebut Yin Du Jiang Bing yang artinya Biskuit panggang India. Sementara di Eropa roti ini disebut Flying Bread. Dan di kita Indonesia tercinta, selain menyebut Cane, orang2 juga menyebutnya dengan roti Maryam, mungkin dahulu kala yg mengenalkan roti ini di Indonesia bernama Maryam#DugaanSajah, hehe

Sementara asal muasalnya roti ini  dari negara mantanku sana, India. Itu lho negaranya Shah Rukh Khan kuuuu, xixixi. Tepatnya dari daerah Chennai ( jadi inget film SRK Chennai Express). Menurut salah satu temanku yang sekarang tinggal di Dubai, roti cane juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Kebetulan temanku itu dari Kerala.

Di Indonesia, Roti Cane biasa ditemukan di resto2 masakan Aceh maupun masakan India. Di Yogyakarta sendiri kalau anda pengen nyoba aneka cane bisa mampir ke Bungong Jeumpa. Resto masakan aceh. Disana ada sekitar 20 macam cane yang siap anda icip2. Atau kalau kejauhan bisa di daerah wijilan daerah Alkid. Disana ada orang aceh yang jualan Cane dan martabak aceh, bukanya sore sampe malam. Dan bisa juga anda kunjungi Sharmila, Indian Resto di Jl. Palagan Tentara pelajar, ada cane juga disana. Enak dinikmati bareng teh India, Maknyuss pokoke.

Aku sendiri dapet resep ini dari sahabatku sekaligus resellerku tercinta, Mba Safrizana yang murni orang Aceh. Yah, aku lebih suka minta resep ke orang yang emang biasa atau menjadi daerah asal makanan itu. Terasa lebih otentik, aku nyoba tanya temanku yang Dubai itu ternyata ga jauh beda juga resepnya. Namun resep ini sudah aku modif dikit

BAHAN 2 :

1 kg tepung terigu protein tinggi, kalo ga ada atau ga ngerti yang penting terigu aja deh.

4 butir telur

200 cc air hangat

1/2 sdt garam / gula juga bisa

1 bungkus mentega kemasan 200 gram, 2/3 dimasukin adonan. sisanya untuk olesan

6 sendok minyak sayur

 

CARA MEMBUAT

1. cane 1terigu, telur, garam, mentega yang 2/3 itu ama air dicampur dan diuleni hingga kalis dan tidak nempel di tangan maupun baskomnya.

Emang butuh perjuangan dalam hal ulen menguleni ini. sampe bener2 kalis ya.

 

 

 

 

 

2. cane 2Setelah itu kita bulat2 adonan, dikira2 aja kalau ga punya timbangan, kalo punya bisa sekitar 50 gram an 1 buletannya.

klo seragam kan cantik yah, aku sih asal bulet aja kalo bikin. Ga pake timbang2an segala. Setelah selesai dibulet2 olesi semua permukaannya dengan minyak goreng dan taro di nampan yang udah doilesi minyak goreng juga.

Diamkan / istirahatkan selama 4 jam. Makin lama makin  bagus karena lebih elastis pas dibentuknya nanti.

 

 

3. cane3Siapkan Plastik yang sudah dilebarkan, ambil adonan dan tipiskan seperti ini. aku nipiskannya pake plastik lagi diatasnya trus aku tipisin pake ulekan buat nyambel yg terbuat dari kayu itu , karena ga punya buat glindingan roti , hahahaha. yang penting tipiiiiiis.

Olesi semua permukaannya dengan mentega

 

 

 

 

4. cane4Gelindingin thu adonan sampe bentuknya memanjang seperti ini. tarik aja semampunya sampe panjang sepanjang2nya. karena semakin panjang nanti semakin banyak lapisannya.

 

 

 

 

 

 

5. cane5Setelah itu gulung adonan panjang tadi berbentuk S seperti ini. sambil terus ditarik pelan.

 

 

 

 

 

 

 

6. cane6Setelah bertemu tumpuk menjadi seperti ini lalu olesi dengan minyak goreng lagi.  Lakukan sampe semua adonan selesai. Setelah ini sebenernya bisa aja langsung ditata di wadah dan masukin ke freezer untuk stok dalam jangka waktu lama. klo misal nyimpannya mau dipipihkan dulu juga bisa. Aku sendiri kalo nyimpan di freezer dlm bntuk ini, klo mau goreng kluarkan dl sampe suhu ruang baru dipipihkan dan digoreng

 

 

 

7. cane7Ini penampakan ketika semua adonan sudah dibentuk.

 

 

 

 

 

 

 

8. cane8ini cane yang sudah dipipihkan, bisa juga langsung disimpan dengan dilapisi plastik. Namun sebagian orang ada juga dengan menggorengnya setengah matang baru disimpan di freezer, jadi nanti kalo mau menyajikan tinggal digoreng lagi. Kalo itu sih terlalu merepotkan buat aku, hehehe

 

 

 

 

9. cane11Ini cane, susu keju. Aku kalo goreng cane lebih suka dihancurin begini. Oleskan mentega di teflon, taro canenya. setelah agak matang aku pukul2 pake sendok kayu besar itu lalu pake jepitan gorengan  aku tebas2 sampe lapisannya terpisah. Klo misal ga mau dihancurin juga bisa, goreng bolak balik sambil ditekan2 agar  matengnya merata.

 

 

 

 

10. cane9Kadang aku masak cane campur telur juga, kebetulan Azzamku suka banget dan ketagian dengan cane ini. Tiap pagi dia nagih sarapan cane ( hmmm udah mulai ketularan orang india ni bocah )

 

Sejatinya orang2 India sana makan cane sama kare. Entah kare sapi, ayam maupun kambing. Emang enak juga kok. Atau sama rendang sapi juga ga kalah sedapnya.

cuman untuk kita lidah Indonesia, ga semua kesedapan itu bisa kita nikmati. Jadi pilih saja style masak cane dan topping yang sekiranya cocok di mulut ya.

 

Selamat Mencoba, Semoga Sukses………..

Incoming search terms:

  • resep roti maryam
  • roti mariam prata
  • topping roti canai

Google Ads

Recommended For You

About the Author: admin

Lina Irawan adalah Seorang Ibu Rumah Tangga, Istri, Produsen Baju Muslim, Hijab dan Cadar Label AleenaHijab.com, Menyukai Masak - Masakan. Film India, dan Drama Korea serta The Flash

2 Comments

    1. Canenya dipanasin dulu. Setelah bisa dibikin ambyar gt masukin kocokan telor mba. Lalu digoreng bolak balik kayak bikin telor dadar biasa mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *