Resep Gochujang Homemade

Bicara masalah gochujang langsung inget drama Korea Jewel In The Palace alias Dae Jang Geum. Disana kita sering liat berjejer gentong2 gerabah berisi pasta kedele ataopun pasta cabe. Hampir di semua masakan mereka selalu menggunakan bumbu itu.

Gochujang sendiri merupakan pasta cabe khas Korea, di negaranya sono untuk bikin gochujang katanya butuh waktu yang sangat lama, Namun sekarang ini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan2 gitu. jadi lebih praktis. Meskipun begitu di Indonesia masih cukup susah didapatnya. Kalopun ada hanya di supermarket2 besar seperti Lottemart.

Nah buat korean Lovers, pastinya banyak sekali yang pengen mencoba masakan Korea. Soalnya di drama Korea, yang namanya kue beras pedas, kimbab, bibimbab, sering kali muncul dan bikin kita penasaran pengen mencobanya. Selain bisa dateng ke resto2 korea yang sekarang ini sudah mulai menjamur di Indonesia, mungkin teman2 juga penasaran ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah. Salah satu bumbu wajib dari masakan Korea ya si Gochujang yang gampang2 susah didapetinnya ini. Tapi ga usah khawatir aku akan share sebuah resep Gochujang sederhana yang bisa mantemans bikin sendiri. Bahannya pun sangat mudah didapatkan.

BAHAN MEMBUAT GOCHUJANG SEDERHANA

3 sdm beras ketan
3 sdm bubuk cabe merah ( bila perlu bisa ditambahkan)
3 sdm cuka
1 sdm gula pasir
5 sdm kecap asin
5 siung bawang putih diulek

Cara Membuat

Campur cabe merah bubuk, kecap asin , gula dan bawang putih halusnya. Aduk hingga larut. Lalu tambahkan cuka dan beras ketan juga sedikit gula lagi. aduk terus sampe semuanya tercampur rata. Taraaaaaaa Gochujang home made pun sudah siap dipergunakan. Kalau mau lebih enak, bisa difermentasikan dl aja dengan menyimpannya di wadah tertutup yang kedap udara selama beberapa hari. Lalu setelah itu pindahkan ke kulkas. Tahan sampe setahun juga.

Sekarang mau masak tteokbokki atau bibimbap, gochujangnya sudah siap, selamat mencoba…..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA gochujang korea

itu dia penampakan gochujang di negaranya sono

 

gochujang pasta

gochu

ini Gochujang yang dijual di supermarket2

gochujang

dan ini Gochujang sederhana buatanku.

pepper pasta

ini gochujang hasil fermentasi di Korea. Mirip kan? rasanya juga sama aja kok mantemans. Dan yang lebih bagusnya, kita bisa menjamin kehalalan gochujang bikinan kita…;)

loading...

Incoming search terms:

  • resep gochujang
  • cara membuat gochujang
  • cara membuat pasta cabai
  • cara membuat gochujang halal
  • cara membuat pasta cabai korea
  • cara membuat pasta cabe
  • cara membuat saus gochujang
  • resep gochujang asli korea
  • pasta cabai korea
  • pasta cabai

60 thoughts on “Resep Gochujang Homemade

  1. halo mbak…
    aq mw nanya, utk saus gochujang nya pke tepung ketan apa beras ketan, trus pke bwang merah ato bwng putih soalnya aq liat resep di atas, bhan2 nya 5 siung bwang merah, trus di cra buat nya kok msukin bwng putih bkan bwang mrah… terima kasih atas infonya…:-)

    Reply
    1. @Yuuni : Hallo mba Yuuni, pake tepung beras ketan say. itu bawang putih, aku salah ketik hehehe. nanti aku revisi lagi biar ga bingung yaaaa. thx untuk koreksinya mba Yuuni….:)

      Reply
    1. hi mba Dini… emang bener rasa cukanya sedikit menyengat, bisa bereksperimen dengan mengurangi cukanya klo bikin lagi. disesuaikan selera saja. ato pas dicampur dengan bibimbap jangan terlalu banyak aja….:)

      Reply
    1. @Lia… nggak terlalu banyak juga kok mba Lia, sy kan jarang juga masak masakan korea, jd pakeknya juga jarang. ga seminggu sekali saya masak, hehe. kalo pas bete ato pas onlineshop saya lagi libur baru saya terjun ke dapur. klo hari2 biasa sy kadang ga ada waktu memasak say…:D. jadi gochujangnya ya awet, hehe

      Reply
  2. Maaf mbak, sy blm jelas.. sy pakai tepung ketan yg merk rosebrand-tulisannya glutinous rice flour-brarti tepung beras ketan, tp memang jadinya encer. Salah ya,,
    Harus pake beras kan trus ditumbuk kah? Supaya jd tepung.
    Trima kasih sebelumna..

    Reply
    1. klo mba vitri mau bersusah payah bisa aja mba bikin tepung beras dr berasnya langsung. tapi sebenarnya tepung beras instan juga banyak mba. mba minta tolong aja ke pedagang ato mba/mas di sprmarket buat cariin.

      Reply
  3. Halo mba, penasaran jg sama resep nya. Nanti aku coba bikin, oh ya knp mba ga jualan aja gochujang nya, skg kan ramai korean food lovers.. Biar praktis tuh, tinggal beli dr mba lina yg udh jadi dan halal. Klo yg d supermarket kan masih tanda tanya halal nya. Hhehe..

    Reply
    1. Hallo Mba Dian…. wadduh saya belom kepikiran mba jual gochujang. hehe. ga tau kalo ke depannya thu, kliatannya prospeknya lumayan juga ya. saya ke dapur aja kalo pas libur mba, klo hari kerja waktunya abis ama jawab2 chatting customer toko online saya, trus packing pesenan. jadi begitu libur baru saya bisa kencan di dapur ma wajan, hehe

      Reply
  4. Hai mbak, saya mau tanya kalo bubuk cabe merahnya itu dari cabe merah kering atau cabe merah biasa langsung di tumbuk? apa dari bubuk cabe merah yang instan yang suka di pake di abang2 jajanan cimol? hehehe makasih ya mbak infonya membantu sekali, sukses terus ya….

    Reply
    1. hi juga mba Ri, saya pake cabe bubuk instan yg udah dalam kemasan itu mba. Kelamaan klo bikin cabe bubuk sendiri, tp klo mau mungkin bisa aja, dari cabe merah kering trus di blend. klo yg dipake abang2 cimol itu kayaknya pedesnya kurang mba, bukan cabe murni. ok mksh ya mba Ri, sukses juga buat mba Ri

      Reply
    1. hmmmm…. dicoba aja mba Nia, dari segi rasa mungkin lebih nendang, tapi dari penampakan kayaknya kurang menor kalo dr cabe rawit.saya sendiri belom pernah nyoba kalo dr bubuk cabe rawit mba

      Reply
        1. klo saya pakenya bubuk cabe lokal mba, hehe. soale ya susah juga disini. kata temen2 sih di lotte mart gt ada. klo cabe lokal emang kurang menor penampakannya, cuman dalam rasa lebih nendang

          Reply
    1. Morning Sist Sea…..saya belom pernah nyoba sis, tp gochujang itu emang menyengat gitu yah. tp kan itu sama2 cuka, dicoba aja sis. mungkin rasanya ga terlalu beda. terima kasih sudah mampir ya….;)

      Reply
  5. Mba mau tanya dong, itu di fermentasi dulu beberapa hari di suhu ruangan kan ya? Lalu baru masuk ke kulkas? Itu ga jd basi / bau ya beberapa hari di wadah kedap udara dan di suhu ruangan? Kamsahamnida

    Reply
  6. hallo mbaakk.. aku udah bikin gochujangnya dari resep mbakk.. tapi masih agak ragu2 gitu untuk makannya.. wakakaka…
    ini gak papa kan mbak dimakan walau tepungnya mentah?
    soalnya aku liat resep gochujang yg dr korea itu mesti dimasak pake api dulu gitu tepungnyaa.. n perlu difermentasi sebulan dulu..
    makasii ya mbaak ^^

    Reply
    1. Hallo juga mba deedee. Heehe ga masalh mba bs dimakan. Itu kan gochujang sederhana. Tapi tetep koq bs difermentasikan. Makin lama makin enak. Iya sih klo versi aslinya sana sperti itu dan ribet juga bikinnya. Ini sekedar alternatif, tp rasa ga jauh beda koq mba. Hehe

      Reply
  7. klo mo lebih menor warna gochucangnya pake tepung cabe gochukaru aja…ato pake cabe lokal yng besar ( bukan cabe keriting lho ) pilih yang warnanya merah tua buang biji dan daging dalamnya …di jemur sekitar 1 sd 2 hari…giling dan..hasilnya bisa hampir se menor gochukaru tepung cabenya korea…
    dan klo untuk bikin kimchi juga gak terlalu banjir kuahnya

    Reply
  8. Halo kak, pernah gak dipake buat bikin tteobokki? Soalnya aku mau bikin tapi takutnya malah gagal.
    Terus gimana buat ngurangin bau menyengat cuka di sausnya? gomawoo… 🙂

    Reply
  9. Halo mbak, saya mau nanya, kan kalau mau lebih enaknya saus gochujang difermentasi dulu di wadah tertutup yang kedap udara. Nah itu butuh waktu berapa lama mbak? Kira-kira 3 harian bisa nggak? Soalnya saya butuhnya cepat wkwk

    Reply

Post Comment